Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense (Studi Kasus)


Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense. Ternyata memperoleh pendapatan yang optimal dari Google Adsense jauh lebih sulit daripada mendapatkan full approve Google Adsense.

... Benar sekali, apalagi untuk blog lokal yang berbahasa Indonesia, mungkin sebagian besar bagi anda yang baru saja menjadi publisher Adsense seperti saya akan mengeluhkan tingkat pendapatan yang sangat kecil.

Namun jangan berkecil hati, meskipun demikian kita harus tetap bersyukur, karena diluar sana masih banyak orang yang ingin diterima untuk menjadi publisher Adsense. Tugas kita sekarang adalah fokus dan mengatur strategi untuk mengoptimalkan pendapatan dari Google Adsense ini.

Lalu, strategi seperti apa yang akan digunakan untuk mengoptimalkan pendapatan Adsense?
Apakah dengan cara (yang invalid)?

... Tentu saja tidak, jangan pernah mencoba untuk melakukan hal-hal yang invalid, karena raksasa teknologi sekelas Google pasti mempunyai analisa tersendiri untuk semua hal dan aktivitas yang kita lakukan.

Ya jelas, karena Adsense sendiri milik Google.
Intinya adalah riset, kenali dan lakukan studi kasus.

Tips Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense

Berikut beberapa tips mengoptimalkan pendapatan Google Adsense, berdasarkan studi kasus yang saya lakukan.

1) Fokus Niche Blog

Niche blog adalah sebuah bentuk pengklasifikasian blog berdasarkan jenis dan isi kontennya. Jika konten blog anda bermacam-macam alias gado-gado seperti Saya, maka iklan yang ditampilkan juga demikian, bermacam-macam dan tidak sesuai dengan konten blog.

Hal ini tentunya memperkecil tingkat ketertarikan pengunjung untuk melakukan klik pada iklan yang muncul dalam blog kita karena ketidaksesuaian dengan konten. Lain halnya jika iklan yang ditampilkan relevan dan sesuai dengan konten blog, maka kemungkinan pengunjung untuk melakukan klik pada iklan sangat memungkinkan (bukan berarti besar).

2) Penempatan Iklan

Pernah mendapati CPC (Cost per Click) yang sangat kecil?
Jika ya... Perhatikan kembali penempatan iklan pada blog.
Berikut tempat penempatan iklan yang menghasilkan CPC besar:
  • Penempatan iklan tepat diatas judul blog
  • Penempatan iklan ditengah-tengah artikel
  • Penempatan iklan dibawah postingan blog
  • Penempatan iklan yang diselaraskan dengan template blog

3) Ukuran Iklan

Gunakan ukuran iklan yang terbaik. Iklan dengan performa tertinggi adalah sebagai berikut:
  • 300 x 250
  • 336 x 280
  • 728 x 90
  • 160 x 600
Ukuran ini dapat meningkatkan jumlah pengiklan yang bersaing dalam blog kita sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan Adsense.

4) Jumlah Unit Iklan

Jangan pasang terlalu banyak unit iklan, hal tersebut akan menurunkan nilai CPC. Berapa unit iklan yang harus ditampilkan agar memperoleh hasil yang optimal? Cukup memasang tiga unit iklan. Selain tingkat CPC yang rendah, juga memberikan rasa ketidaknyamanan pada pengunjung jika blog terlalu banyak iklan. That's right?

5) Riset dan Kenali Iklan

Lakukan riset dan kenali iklan mana saja yang memberikan CPC besar. Blok iklan yang dirasa tidak relevan dengan konten blog, misalnya konten blog membahas tentang komputer namun iklan yang tampil tentang kecantikan, sangat tidak relevan. Lakukan blok iklan sesedikit mungkin, karena melakukan blok sama dengan mengurangi jumlah pengiklan yang bersaing pada blog. Jadi, lakukan riset dengan baik.

6) Manfaatkan Opportunities

Manfaatkan opportunities yang disarankan oleh pihak Adsense, biasanya jika kita berlanggan melalui email, pihak Adsense akan mengirimkan kiat-kiat untuk mengoptimalkan pendapatan Adsense.

Pengoptimalan Adsense


7) Lakukan Eksperimen

Manfaatkan fitur eksperimen Adsense untuk menganalisis performa setelan unit iklan, kategori iklan ataupun saldo iklan. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan fitur custom channel (saluran khusus). Saluran khusus ini berfungsi untuk menampilkan iklan serelevan mungkin dengan konten blog.

Eksperimen Adsense

8) Mempercepat Loading (Speed) Blog

Berdasarkan studi kasus yang saya lakukan, speed blog berpengaruh signifikan terhadap performa iklan yang tayang pada blog. Hasil akhirnya adalah CPC lumayan meningkat, biasanya di kisaran Rp. 300 - 500, kini mulai stabil di angka Rp. 1000 - 2500.

CPC Adsense Indonesia

Tentunya ini merupakan angka yang cukup tinggi untuk kategori blog lokal (Indonesia). Jika anda pengguna platform Blogger, silahkan baca postingan saya mengenai tips dan trik mengoptimalkan speed blog.

9) Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Ini merupakan bagian terpenting dan juga tersulit, mengapa demikian? Kalau tidak ada pengunjung lantas siapa yang akan membaca apalagi melakukan klik pada iklan dalam blog kita? Bukankah tujuan utama membuat sebuah blog adalah untuk dibaca semua orang?

Ya mereka itu pengunjung, mereka itu penting, bagaimana caranya untuk meningkatkan pengunjung pada blog? Jawabannya sama seperti yang sedang Saya pelajari, yaitu "Fokus, Kualitas dan Unik". Membuat konten yang berkualitas memang tidak mudah, oleh karena itu sampai detik ini saya pun masih terus belajar dan membiasakan diri. Ingatlah "Konten yang menurut anda berkualitas, belum tentu berkualitas dimata pembaca", begitupun sebaliknya.

Apakah hanya itu? Bagaimana dengan SEO?
"Bukankah SEO itu penting?"

Benar sekali, SEO itu penting. SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah usaha dan upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website atau blog kita agar mendapatkan peringkat laman pertama pada hasil pencarian mesin pencari. Karena jarang sekali pencari informasi yang membuka halaman dua, tiga dan seterusnya.
Jadi poinnya bertambah satu, yaitu: (fokus, kualitas, unik) + "SEO".

[Baca juga: Optimasi SEO on Page Blogger]

10) Membuat Tulisan Berbahasa Inggris

Bagi anda yang mahir berbahasa Inggris, ini adalah kesempatan yang bagus. Karena nilai CPC yang diberikan untuk setiap negara berbeda-beda. Berikut ini daftar 10 negara dengan nilai CPC yang tinggi.

Rank Negara
1Australia
2United States
3Norway
4United Kingdom
5New Zealand
6South Africa
7Canada
8Netherlands
9Sweden
10Switzerland
Sumber: bloggingjoy

Itulah beberapa tips mengoptimalkan pendapatan Adsense berdasarkan studi kasus yang saya lakukan. Untuk nomor 2 - 4, jika anda tidak ingin dipusingkan oleh penempatan dan ukuran iklan, gunakanlah fitur: Auto Ads Adsense.
Jika anda mempunyai tips tambahan selain yang saya sebutkan di atas, silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah.
Berbagi itu indah.

No comments:

Post a Comment