Cara Riset Keyword Terbaru 2018


Cara Riset Keyword

Blogging baru satu bulan kok judulnya berat sekali mas, trik riset keyword? Dapat dari mana mas? Ngopi? Ya betul, tentu Saya jawab ngoffee ☕️ karena Saya menulis postingan ini sembari minum coffee.
Saya ngoffe, minum kopi bukan berarti menyalin tulisan orang lain atau menduplikasi. Kalopun ada tulisan orang lain, Insha Allah Saya selalu sertakan sumbernya, karena disini Saya masih dalam tahap belajar.

Apa itu riset keyword

Riset keyword adalah riset kata kunci yang memungkinkan kita dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk menargetkan penelusuran, iklan maupun aplikasi yang sedang kita bangun.

Riset keyword terbaru di tahun 2018? Apakah menggunakan jasa berbayar? Tidak, Saya belum punya budget untuk menggunakan jasa seperti itu. Sejauh ini Kita ketahui keywordtool.io merupakan tools alternatif terbaik dari Google keyword planner dan Saya-pun masih menggunakan itu.

Lalu apa?

Cara Pertama - Riset Keyword Google Go

Beberapa minggu yang lalu, sejak membaca berita mengenai aplikasi yang baru diluncurkan Google, Saya langsung mencobanya karena infonya aplikasi tersebut dapat menghemat kuota dan juga penggunaan memori. Aplikasi ini ditargetkan untuk pengguna smartphone low-end atau smartphone yang hanya berbekal memori 512 MB sampai dengan 1 GB. Aplikasi tersebut adalah Google Go.

Kesan pertama Saya menggunakan aplikasi tersebut, Hmm.. is really amazing!
Aplikasinya super cepat dan ringan, interaktif dan juga antarmuka aplikasinya modern dan materialistik. Berikut screenshot tampilan awal aplikasi Google Go.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018


Aplikasi ini hanya memakan ruang penyimpanan sekitar 4.83 MB, meskipun demikian fitur yang ditawarkannya sangat sudah lebih dari cukup, bahkan Saya sampai men-disable fitur pencarian bawaan dari smartphone Saya karena dimanjakan oleh aplikasi ini.

Saya lihat, belum banyak blog yang membahas aplikasi ini, kecuali situs berita. Entah Saya yang ketinggalan informasi ataukah memang sengaja dirahasiakan oleh para Blogger senior 😃 ? Entah Saya kurang tau, yang jelas Saya tetap akan menulisnya karena belum ada bahan tulisan lagi untuk hari ini 😂😆.

Tampilan beranda aplikasi Google Go.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Dari tadi, kok hanya membahas aplikasinya saja mas? Ini mau review aplikasi atau mau menjelaskan trik riset keyword yang dimaksud?
Okey mungkin tepatnya ini bukan riset keyword karena Kita akan diberitahu mengenai kejadian apa yang sedang populer atau yang menjadi trend belakangan ini, jadi kita tak perlu repot-repot mencarinya. Cukup klik menu Search, maka secara otomatis Google Go memberikan sugesti dan daftar keyword beserta jumlah volume pencariannya dalam waktu hitungan detik, fitur yang keren sekali!

Mungkin cukup basa-basinya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Bagaimana, cukup menarik bukan?
Langsung saja download aplikasinya secara gratis di Google Play Store.

Cara Kedua - Riset Keyword Everywhere

Menggunakan Add-ons dari Mozilla Firefox yaitu Keyword Everywhere.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Install add-ons tersebut pada browser Mozilla Firefox, lalu ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Masukkan email yang akan digunakan untuk proses verifikasi API.

Setelah mendapatkan API gratis, selanjutnya ada melakukan verifikasi. Klik pada icon Keyword Everywhere pada browser Mozilla Firefox lalu pilih Update Settings.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Selanjutnya adalah memasukkan API yang sudah kita dapatkan dan melakukan verifikasi, seperti gambar dibawah ini.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Selesai, coba lakukan pencarian di mesin pencari dan lihat hasilnya.

Trik Riset Keyword Terbaru 2018

Cara Ketiga - Riset Keyword Ubersuggest

Siapa yang tak kenal dengan ubersuggest, apalagi pembuatnya.. Neilpatel. Ubersuggest merupakan tools riset keyword gratis dan powerfull.

Riset Keyword Ubersuggest

Caranya cukup kunjungi situs ubersuggest, masukan kata kunci yang akan dicari dan klik LOOK UP.
Berikut contoh hasil pencarian dengan kata kunci "riset keyword".

Riset Keyword Ubersuggest


Hasil yang diberikan hampir sama (nyaris sama) dengan tools riset keyword Google keyword planner. Demikian-lah postingan kali ini mengenai Trik Riset Keyword Terbaru 2018, semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. pengen blajar ngeblog,jadi tahu ternyata pemilihan keyword penting n ada tool pencariannya.sangat membantu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, sama masih belajar juga, makasih udah mampir :)

      Delete
  2. nah ini trik yang aku suka,,, yang ekstensi dan uber sugest ane coba gan,, makasih telah berbagi, salam blogger

    ReplyDelete
  3. makasih gan, sangat bermanfaat bagi pemula spt sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan makasih sudah berkunjung, senang bisa membantu

      Delete
  4. ini blogger atau wordpress mas blognya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riset keyword berlaku general mas, artinya mau platform apapun sama saja

      Delete
  5. riset keyword berlaku buat semua platform

    ReplyDelete