Kumpulan Bot Telegram (Beserta Kode Sumbernya)


Masih dalam topik yang sama yaitu bot Telegram. Mungkin sudah banyak yang membahas soal ini diluar sana, namun karena permintaan dari beberapa rekan, Saya menulis kembali mengenai topik ini dan rasanya bot Telegram ini masih relevan untuk dibahas mengingat penggunaan aplikasi Telegram yang setiap harinya selalu bertambah dan juga fiturnya yang makin kesini semakin lengkap dan keren pastinya. Untuk versi 4.7 terbarunya yang paling terasa perbedaannya yaitu fitur multiple account 😎.


Kumpulan Bot Telegram
Sumber: https://telegram.org/blog


Kembali ke topik utama yaitu bot Telegram. Sebenarnya jika kita perhatikan pada situs official-nya, Telegram juga telah menyediakan contoh-contoh bot telegram yang bisa kita lihat kode sumbernya di repositori github. Mungkin ada beberapa rekan yang malas untuk membacanya karena umumnya menggunakan Bahasa Inggris. Namun perlu diketahui, Saya juga bukan seorang yang fasih berbahasa Inggris 😀.

Bahasa pemrograman yang digunakan juga cukup beragam, mulai dari PHP, Java, Node.js, Python, C#, Ruby, Go, Lua, Haskell dan lainnya, silahkan pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan selera dan pemahaman kita.
Berikut daftar bot tersebut:

PHP
Java
Node.js
Python
C#
Ruby
Go
Lua
Haskell
Scala
Swift
OCaml

Banyak sekali bukan? saking banyaknya Saya juga lalieur dan belum mencoba semuanya karena keterbatasan bahasa pemrograman yang Saya kuasai. Lalu contoh bot mana yang paling mudah? Sebenarnya itu relatif, kembali ke diri kita sendiri mau belajar atau tidak, mau menekuninya atau tidak.

Saran Saya sebagai seorang yang baru di dunia programming, Saya lebih mudah memahami dan merekomendasikan beberapa bot dari daftar diatas, diantaranya:
Dari lima bot diatas, yang paling mudah menurut awam Saya yaitu Telegraf. Namun yang menjadi favorit Saya yaitu Jack Telegram Bot yang ditulis dengan bahasa Lua-MoonScript, kodenya sederhana dan mudah dipahami, mari kita coba untuk menggunakannya.
Tutorial ini sebenarnya sudah tersedia pada repositori github Jack Telegram Bot, jadi kita rangkum saja dari sumber tersebut.

Instalasi Git
Git merupakan salah satu sistem pengontrol versi (version control system) pada project perangkat lunak yang sering digunakan dalam project pengembangan software. Disini git akan kita gunakan untuk melakukan clone terhadap repositori Jack.
sudo apt-get install git

Clone Repositori & Instalasi
cd $HOME
git clone https://github.com/Imandaneshi/jack-telegram-bot.git
cd jack-telegram-bot
chmod +x install.sh
./install.sh
Tunggu proses ini sampai selesai untuk melakukan instalasi terhadap dependensi-dependensi yang diperlukan. Biasanya di tahap akhir instalasi, kita akan ditanya untuk menginstall telegram-cli, pilih No saja.

Konfigurasi
Masih di direktori jack-telegram-bot, buka berkas config.moon, isikan TOKEN bot dan Telegram ID Anda sebagai admin, lalu hapus kode yang tidak diperlukan, kurang lebih hasilnya seperti ini.

Kumpulan Bot Telegram

Terakhir, jalankan bot.
chmod +x run.sh
./run.sh
Selamat, Anda telah berhasil menjalankan copy of jack-telegram-bot! Selanjutnya tinggal fokus pada plugin, karena disini kita tidak dipusingkan dengan proses update, offset dan lain sebagainya. Fokus saja mau ditugaskan dan dibuat seperti apa fungsi botnya. Untuk contoh plugin, silahkan buka di direktori plugins. Untuk fungsionalitas seperti @wadagizig_bot, kita akan bahas pada tulisan berikutnya, Insha Allah 😅😋.
Sekian tulisan kali ini, Selamat malam.

Referensi:
https://core.telegram.org/bots
https://github.com/Imandaneshi/jack-telegram-bot

2 comments: