Remote Windows dengan Android Menggunakan Microsoft Remote Desktop


Aktivitas mengontrol komputer dari jarak jauh (remote), sepertinya sudah menjadi hal yang tak asing lagi, apalagi di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini. Diluar sana banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menawarkan fitur untuk melakukan remote, misalnya: TeamViewer, VNC, Chrome Remote Desktop dan yang lainnya.

Kali ini kita akan membahas salah satu aplikasi android keluaran dari Microsoft, yakni Microsoft Remote Desktop. Bagi yang sering melakukan aktivitas remote dan tentunya menggunakan sistem operasi Windows silahkan unduh aplikasi ini secara gratis di Google Playstore.


Fitur-fitur yang disediakan antara lain:
  • Akses jarak jauh melalui Remote Desktop
  • Pengalaman multi-sentuh dengan Remote Desktop Protocol (RDP) dan RemoteFX
  • Sambungan aman terhadap data dan aplikasi dengan terobosan teknologi Network Layer Authentication (NLA)
  • Manajemen pengelolaan yang mudah untuk semua koneksi jarak jauh
  • Video dan suara berkualitas tinggi dengan adanya peningkatan kompresi dan penggunaan bandwidth
  • Dukungan untuk Azure RemoteApp
Penggunaannya cukup mudah, sama halnya dengan melakukan remote dekstop menggunakan komputer kita hanya perlu memasukkan IP addrress tujuan komputer yang akan diremote.

Hal-hal yang diperlukan yaitu:
  • Pastikan remote access telah diijinkan pada komputer yang menjadi target, biasanya pengaturan ini terletak pada Computer Properties, lalu cari tab Remote Setting.
  • Perangkat android dan komputer target tentunya harus terhubung jaringan internet. Jelas dong gimana mau remote kalo komputernya offline? 😀.
Perbedaan Microsoft Remote Desktop dengan aplikasi remote lainnya, yaitu dia dapat melakukan remote dalam posisi komputer baru selesai startup atau belum melakukan logon.
Berbeda dengan yg lainnya, dimana kita harus menginstal aplikasi yang sama pada kedua perangkat, baik pelaku remote ataupun target. Selain itu untuk dapat melakukan remote, aplikasi tersebut harus dijalankan terlebih dahulu agar kita bisa mengaksesnya.

Happy remote! 

No comments:

Post a Comment